Part Time Job / Arubaito

Ada beberapa syarat untuk bisa melakukan kerja sambilan di jepang dengan status visa student atau visa dependet yaitu :

1. Mempunyai surat izin arubaito 資格課外活動 dari Imigrasi Jepang
Berdasarkan undang-undang keimigrasian dan kepengungsian di Jepang, seorangwarga asing yang ingin melakukan aktifitas bekerja di luar dari status visanya harus mengajukan 資格外活動許可書 (surat izin melakukan aktifitas selain yang tersebut pada kualifikasi yg dipegang). Ketentuan ini berlaku pada semua warga asing termasuk orang asing dengan status visa student atau visa dependent. Kalau melanggar, maka ybs bisa dikenakan tuntutan 不法労働 (bekerja secara ilegal) yang dikenai denda, kalau tidak salah, sebesar 300 ,000 yen.

Untuk memperoleh izin melakukan aktivitas lain, kita perlu mendapatkan surat izin dari Universitas melalui profesor pembimbing. Kantor Biro Imigrasi Jepang tidak akan menerima aplikasi kita jika tidak mendapatkan surat izin dari Universitas. Permohonan untuk memperoleh surat izin dari universitas dapat dilakukan di masing-masing universitas.

Bagi mereka yang punya status dependent bisa mengurusnya langsung ke Imigrasi disertai oleh suami /istri yang mempunyai izin visa student sebagai penjaminnya, Dengan adanya izin melakukan aktivitas lain ini, kita diperbolehkan melakukan kerja paruh waktu dengan ketentuan:

Ada batasan lama waktu kerja. Kita dapat bekerja selama 28 jam per minggu dalam semester berjalan dan 8 jam sehari selama libur panjang sekolah seperti libur musim panas.
Melakukan kerja paruh waktu di dalam Lab universitas pun kita harus memperoleh izin ini.
Tidak diperkenankan bekerja pada industri yang berlawanan dengan norma kesusilaan atau bisnis judi ketangkasan (pachinko).
Jika mempunyai rencana untuk memperoleh kerja paruh waktu, kita dapat melakukan aplikasi sebelumnya.
Periode masa berlaku izin melakukan aktivitas lain, sama dengan periode masa berlaku izin tinggal.


2. Mempunyai kemampuan berbahasa Jepang untuk memudahkan komunikasi karena kalau tidak bisa bahasa Jepang biasanya banyak yang ditolak untuk arubaito
3. Mempunyai Sim jepang baik untuk motor atau mobil untuk memudahkan mobilitas di jepang …… karena kalau hanya mengandalkan jalan kaki atau naik sepeda banyak waktu terbuang di jalan ……sim motor 50 cc ( gensuki) sangat diperlukan bagi  mereka yang ingin arubaito sebagai pengantar koran (shimbun haitatsu) atau yang berhubungan dengan antar mengantar barang.
4. Mempunyai waktu yang cukup untuk bisa melakukan kegiatan di luar tujuan utama datang ke jepang …bagi yang mahasiswa tentu harus bisa membagi waktu antara waktu kuliah dan waktu arubaito

sumber : http://ndef.multiply.com

Leave a Reply