1166

Perjalanan SIM Jepang – Metode Ippatsu Menkyo (一発免許)

Selama ini, banyak sekali keluhan bahwa proses mendapatkan SIM Jepang tidaklah mudah karena harus melalui tes dan seterusnya. Namun, bukan berarti tidak mungkin dijalani. Tulisan di bawah ini adalah satu contoh pengalaman mengambil SIM Jepang dengan salah satu cara yang disebut Ippatsu Menkyou. Catatan pengalaman berikut ditulis oleh Dwi Pebriati, staf pengajar di Keiai Daigaku dan saat ini berdomisili di Chiba.

Ippatsu menkyo biasanya dilakukan oleh orang-orang Jepang yang SIM-nya pernah bermasalah. Misalnya, pernah menyetir, dalam kondisi mabuk atau lupa memperpanjang SIM alias lewat masa berlakunya.

Langkah-langkah yang dilakukan melalui jalur ippatsu menkyo ini adalah:

  1. Tes tulis 50 soal. Harus betul 45 soal untuk lulus ujian. Alhamdulillah saya hanya perlu 1 kali ujian.
  2. Tes mata/kemampuan melihat
  3. Tes praktek menggunakan jalur di dalam menkyo senta (tempat ambil SIM). Rata-rata orang Jepang perlu 4 atau 5 kali untuk lulus. Alhamdulillah saya 2 kali praktek dan lulus
  4. Latihan mengemudi selama 10 jam di jalan raya. Sehari makimal latihan 2 jam. Ini harus ditemani oleh orang yang sudah memiliki SIM Jepang selama minimal 3 tahun.
  5. Tes tulis 100 soal di mana harus benar 90 soal untuk bisa lulus.
  6. Tes mata (lagi) untuk memastikan setelah latihan tidak mengalami degradasi kemampuan melihat
  7. Tes praktek di jalan raya, bersaing dengan truk juga mobil lain. Ditambah ujian di dalam menkyo senta untuk parkir paralel, ubah arah mundur ke kiri dan juga ubah arah mundur ke kanan. Rata-rata orang Jepang butuh 4 atau 5 kali.
  8. Kelas safety driving dan juga first aid (pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan). Ini wajib diikuti. Kita harus mencari sekolah menyetir yang menyediakan jasa ini. Isinya adalah kemampuan menyetir di jalan tol dan juga latihan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan. Benar2 harus tahu cara melakukan pernafasan buatan, mengembalikan detak jantung ketika orang mengalami jantung berhenti, mengikat perban yang baik dan benar untuk menghentikan pendarahan dan juga menyetir langsung di jalan tol.

Berapa total uang yang diperlukan? Cukup banyak, tapi kalau dibandingkan dengan orang-orang yang harus mengikuti kelas mengemudi di Jepang, sangatlah murah. Sekolah menyetir di Jepang, dari awal sampai dengan memperoleh SIM biayanya sekitar 300.000 Yen (kira-kira 30 juta Rupiah). Tapi ternyata ini pun bisa bertambah lagi. Saat ujian, ada seorang teman kewarganegaraan Filipan yang ikut ujian tulis. Ternyata dia ikut kelas mengemudi yang seharga 300,000 Yen itu. Tapi ujian tulisnya gagal terus. sudah sampai 5 kali lebih karena nilainya tidak mencukupi (ujian tes tulis yang 50 soal). Dengan begitu, biayanya bertambah 5 x 3.100 Yen = 15,500 yen (ini biaya tambahan tes tulis). Belum lagi nantinya untuk tes tulis yang 100 soal.

Berikut rincian biayanya:

  1. Tes tulis untuk learner’s permit. 1 kali tes 3.100 Yen
  2. Tes mata : gratis
  3. Tes praktek di dalam menkyo senta untuk ujian pertama 1.650 Yen. Tapi jika gagal, ujian ke-2 dan seterusnya menjadi 4.750 Yen (ini adalah gabungan antara biaya tes tulis dan tes praktek)
  4. Biaya learner’s permit setelah lulus : 1.200 Yen
  5. Biaya latihan : kalau dengan orang terdekat atau teman, paling biaya bensin saja dan makan siang. Tapi sempat juga ikut latihan dengan instruktur yaitu orang yang pernah jadi penguji SIM di Makuhari, biayanya 2 jam 14.000 Yen.
  6. Tes tulis untuk driver license : 1 kali ujian 2.400 Yen
  7. Tes praktek di jalan raya : ujian pertama 1.000 yen. Kalau gagal, untuk kedua dan seterusnya naik jadi 3.400 (gabungan biaya tes tulis juga tes praktek).
  8. Kelas safety driving sebesar 13.550 Yen.
  9. Biaya untuk pengeluaran SIM 2.050 Yen

Total semua biaya ditambah dengan biaya sewa mobil untuk latihan (saat itu memakai Nissan Tiida yang pendek model sedan untuk latihan, 6 jam 8.000 Yen) dan juga ongkos untuk pulang pergi ke menkyo senta (8 x 2 x 330 = 5.280 Yen). Total 66.880 Yen. Jika dibandingkan dengan total uang yang dikeluarkan kalau harus mengikuti kelas mengemudi yang 300,000 Yen itu, masih jauh murah sekali.

Leave a Reply