national-graduate-institute-for-policy-studies-01

Berkenalan dengan GRIPS: Kampus calon pemimpin kebijakan publik masa depan

Halo sahabat-sahabat sekalian

Kali ini tim PPI kanto akan melaporkan hasil ngobrol bareng dengan rekan-rekan pengurus PPI GRIPS, seperti liputan sebelumnya dalam artikel ini kita akan berkenalan secara singkat dan padat tentang GRIPS dan PPI-nya.

National Graduate Institute for Policy Studies atau disingkat GRIPS adalah salah satu institut nasional terkemuka yang fokus utamanya adalah kebijakan publik, institut baru ini didirikan pada tahun 1997 dan dikhususkan untuk program S2 dan S3 (graduate program). Beraneka-ragamnya bidang ilmu sosial (khususnya dalam ranah kebijakan publik) serta para pelajar dari berbagai Negara dengan latar belakang birokrat serta para peneliti, GRIPS dikenal sebagai salah satu institut yang dapat disetarakan sebagai LSE-nya Asia, LSE sendiri adalah London School of Economic and Political Science.

Link untuk website GRIPS dapat diakses di: http://www.grips.ac.jp/en/

Kampus grips dari arah gerbang depan (sumber foto: www.grips.ac.jp)
Kampus grips dari arah gerbang depan (sumber foto: www.grips.ac.jp)

Terdapat beberapa program pasca sarjana yang dapat ditempuh di institut ini, dan setiap program biasanya memiliki sistem tertentu, antara lain program EPP (Economics, Planning and Public Policy Program), YLP (Young Leaders Program), PF (Public Finance), MP (Master’s Program of Public Policy), MEP (Macroeconomics Policy Program), dan DMP (Disaster Management Polcy Program).

Sebagian besar pelajar Indonesia di GRIPS merupakan mahasiswa dari program EPP (Economics, Planning and Public Policy Program), info lengkap program ini dapat diakses di: http://www.grips.ac.jp/en/pstudents/inter_programs/economic/ . Program ini merupakan kerjasama GRIPS dengan pemerintah Indonesia, dimana para pelajar menempuh pendidikannya selama satu tahun di perguruan tinggi Indonesia dan satu tahun berikutnya di GRIPS. Beasiswa yang digunakan untuk program EPP ini berasal dari Bappenas dan juga Kementerian Keuangan. Pada dasarnya, program ini dapat diikuti oleh para PNS di lingkungan pemerintah daerah (PEMDA) maupun yang berasal dari kementerian lembaga.

Sedangkan sebagian pelajar Indonesia lainnya di GRIPS mengambil program YLP, MP, MEP dan PF. Beasiswa yang digunakan oleh teman-teman mahasiswa Indonesia untuk program-program tersebut berasal dari berbagai sumber seperti program SPIRIT World Bank, ADB dan juga JICA.

Seperti yang diutarakan oleh Dimas Adityo, Ketua PPI GRIPS, bahwasanya sebagian besar para pelajar Indonesia di GRIPS adalah para birokrat atau pegawai negeri sipil yang dalam masa tugas belajar, harapannya dari program ini akan “terlahir” para pemimpin pengambil kebijakan masa depan yang juga memiliki jaringan kerjasama bilateral serta multilateral.

Selain itu, terdapat juga berbagai program S2 dan S3 lainnya serta beasiswa dari berbagai institusi dan perusahaan internasional seperti world bank, MEXT (pemerintah Jepang), Mitsubishi Scholarship, dll. Jadi rekan-rekan yang non-PNS pun juga memiliki kesempatan yang besar untuk bisa studi lanjut di GRIPS.

Link untuk informasi program S2 & S3 di GRIPS:http://www.grips.ac.jp/en/admissions/index/

Keluarga besar PPI GRIPS (Doc: PPI GRIPS)
Keluarga besar PPI GRIPS (Doc: PPI GRIPS)

Menjalani studi di GRIPS memiliki beberapa keunggulan menurut testimoni para pelajar Indonesia, berikut beberapa poin keunggulan tersebut:

    • Fasilitas yang lengkap, GRIPS melengkapi para mahasiswanya dengan meja belajar khusus plus laptop dan koneksi internetnya per mahasiswa termasuk adanya fasilitas klinik kesehatan. Kemudian pelayanan dan pembimbingan dariinternational office yang sangat mendukung bagi mahasiswa internasional yang kurang mampu dalam bahasa jepang hampir untuk segala macam hal. Dan yang paling utama yaitu adanya fasilitas ruangan khusus untuk ibadah, bahkan bisa digunakan juga untuk sholat jum’at berjamaah.
    • Akses dan lingkungan akademik yang kondusif, GRIPS memiliki banyak kerjasama dan koneksi dengan berbagai institusi internasional dan para ahli di bidang kebijakan, IT, dll. Keunggulan ini memberikan kesempatan yang luas untuk diselenggarakannya berbagai seminar internasional serta kunjungan dari berbagai tokoh internasional. Berbagai peluang tersebut dengan sangat mudah dapat diakses oleh para mahasiswa GRIPS termasuk para pelajar Indonesia di GRIPS.
    • Lokasi strategis, Roppongi yang merupakan salah satu pusat kota di Tokyo memberikan kemudahan untuk menemukan berbagai fasilitas belanja, hiburan, edukasi,dll.
    • Kontruksi gedung, bangunan gedung GRIPS didesain sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetika yang berbeda dengan kebanyakan gedung universitas lainnya di Jepang. Selain itu gedung GRIPS juga dikenal sebagai center of emergency jika terjadi gempa yang menuntut adanya evakuasi.
    • Kegiatan kemahasiswaan, banyak aktivitas kemahasiswaan dari yang bersifat hiburan hingga diskusi formal yang sering diadakan oleh perkumpulan mahasiswa internasional maupun perkumpulan mahasiswa Jepang sendiri. Salah satu yang utama dan PPI GRIPS rutin berpartisipasi aktif adalah kegiatanInternational Culture Day, yaitu kegiatan pameran dan pagelaran kebudayaan dari seluruh negara asal para mahasiswa di GRIPS,

“GRIPS sangat memanjakan mahasiswanya dengan berbagai fasilitas dan supportdalam hal akademik maupun aktivitas kemahasiswaan” ujar Herman, salah seorang pelajar Indonesia di GRIPS.

Dengan kemudahan fasilitas tersebut, PPI GRIPS sangat sering menjadi tuan rumah dari berbagai diskusi dan kegiatan baik yang diselenggarakan oleh PPI GRIPS sendiri, PPI Korda Kanto maupun PPI Jepang tingkat pusat. Pada kepengurusan 2013-2014, rekan-rekan PPI GRIPS selain bergerak pada kegiatan-kegiatan kekeluargaan, juga mencoba melakukan secara rutin aktivitas diskusi yang disebutIndonesian Forum, rencananya ke depan kegiatan ini akan diselenggarakan lebih luas berkolaborasi dengan PPI Korda Kanto.

PPI GRIPS saat bermain Ski (Doc:PPI GRIPS)
PPI GRIPS saat bermain Ski (Doc:PPI GRIPS)

Jika sahabat-sahabat ingin berdiskusi dan mencari informasi lebih lanjut bagaimana cara daftar dan proses belajar di GRIPS termasuk rekan-rekan kampus lain yang ingin berkolaborasi dengan PPI GRIPS dapat berkomunikasi langsung dengan pengurus PPI GRIPS 2013-2014 yaitu:

Ketua PPI GRIPS       : Dimas Adityo Kusumo (dimas.adityo.grips@gmail.com)

Humas PPI GRIPS     : Janny Raharjo (janny.raharjo@gmail.com)

Demikian liputan singkat dari silaturahim dan ngobrol bareng PPI Korda Kanto dan PPI Komsat GRIPS, semoga terdapat informasi yang bisa bermanfaat atau memotivasi bagi para pembaca khususnya teman-teman yang berminat studi lanjut di kampus GRIPS. Feel free to ask. Untuk Indonesia kita.:)

Silaturahim tim PPI Kanto dan PPI GRIPS (Doc: PPI Kanto)
Silaturahim tim PPI Kanto dan PPI GRIPS (Doc: PPI Kanto)

Salam semangat dan salam hangat dari tim PPI Kanto

Leave a Reply