Berkenalan dengan Waseda University dan PPI Waseda

Halo kawan-kawan semua,

Kali ini tim PPI Kanto mempunyai program untuk bisa berkunjung dan ngobrol bareng dengan rekan-rekan pengurus PPI Komsat di daerah Kanto, tujuannya lebih pada untuk berbagi informasi, masukan serta “curcol” jika diperlukan.:p. Harapannya dengan begitu, kita bisa lebih merasakan “indahnya romantisme” sebagai satu keluarga besar PPI-Jepang khususnya Korda Kanto.:D

Tanpa berpanjang lebar lagi, Hajimemashou!

Pada rabu (19 Desember 2013) yang lalu, tim PPI Kanto berkesempatan untuk bisa berkunjung dan bertemu dengan kawan-kawan pengurus PPI Waseda. Mungkin bagi sebagian teman-teman Indonesia masih terasa asing dengan nama Waseda sepertinya ya?, nah di artikel ini kita coba kenalkan secara singkat. Jadi Waseda University adalah salah satu universitas swasta yang banyak diminati oleh warga jepang sebagai tujuan studi, dari Universitas ini “terlahir” sekitar 7 perdana menteri Jepang beserta beberapa CEO di perusahaan top Jepang (lebih lanjut bisa membaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Waseda_University ). Waseda memiliki beberapa kampus yang utamanya terletak di daerah Shinjuku, ada juga beberapa kampus Waseda yang terletak di daerah lain seperti Waseda University di daerah Kitakyushu.

Untuk link homepage dari Waseda University bisa diakses melalui:

http://www.waseda.jp/top/index-e.html

Gambar patung pendiri dan jam besar di kampus Waseda (Sumber: Elliott.gwu.edu)
Gambar patung pendiri dan jam besar di kampus Waseda (Sumber: Elliott.gwu.edu)

Saat ini, sekitar 35 mahasiswa Indonesia sedang menempuh pendidikan resmi dari jenjang S1 hingga S3. Ada juga beberapa pelajar Indonesia yang bersekolah bahasa untuk periode tertentu (non-degree atau short course). Untuk program S1, sebagian besar pelajar Indonesia di Waseda masuk pada program School of International Liberal Studies (SILS) atau program di Faculty of Science and Engineering (FSE).

“ Saya pergi ke jepang dari S1 bukan karena ingin meninggalkan Indonesia, tetapi dengan alasan ingin belajar ilmu bangunan anti-gempa dan cara-cara menangani bencana alam dengan mimpi agar bisa diterapkan di Indonesia di kemudian hari” ujar Ruben Abdulrachman, salah seorang pelajar S1 program FSE di Waseda. Saat ini, ruben juga berpartisipasi sebagai wakil ketua PPI Waseda dan bergabung sebagai tim biro konten & publikasi di PPI-Jepang. Jadi seiring menuntut ilmu selama S1, kesempatan untuk berorganisasi pun juga terbuka lebar.

Sedangkan untuk program S2 dan S3, sebagian besar rekan-rekan pelajar Indonesia di Waseda tergabung di Graduate School of Asia-Pasific Studies (GSAPS), Faculty of Science and Engineering (FSE) dan beberapa di Faculty of Commerce. Jika teman-teman tertarik lebih jauh dengan masing-masing program bisa langsung mengakses link berikut:

http://www.waseda.jp/eng/graduate.html

“Awalnya saya tidak tahu tentang Waseda University saat di Indonesia, kemudian teman saya yang sedang berkuliah di Waseda memberikan informasi terkait peluang beasiswa yang ada. Dan saat ini, saya sudah di Waseda, Alhamdulillah saya bersyukur sekali, Waseda memiliki fasilitas penelitian yang cukup lengkap dan professor yang kooperatif” testimoni dari Abdul Aziz Akhamadireja, seorang mahasiswa S2 di jurusanApplied Chemistry.

Waseda University sebagai salah satu Universitas Jepang yang memiliki misi go international, terus berusaha mendatangkan mahasiswa internasional yang lebih banyak setiap tahun khususnya dari ASEAN. Secara fasilitas, Waseda memberikan fasilitas yang lengkap dari perpustakaan dan berbagai institusi riset dengan bidang keahlian tertentu serta apresiasi untuk mahasiswa yang memiliki torehan prestasi, saat ini juga terdapat organisasi seperti Waseda Institute for Asian Muslim Studies, organisasi yang berorientasi pada pengenalan tentang islam dan muslim serta mengusahakan adanya Muslim Student Café di kampus Waseda untuk membantu rekan-rekan muslim agar lebih mudah mengakses makanan halal di kampus.

Untuk program beasiswa yang bisa digunakan, beberapa di antaranya adalah beasiswa MEXT (dari pemerintah Jepang) dan beasiswa Asian Special Scholarship, salah satu beasiswa khusus dari Waseda untuk mahasiswa internasional yang cukup menggiurkan jumlahnya.:D. Beasiswa ini pada umumnya disosialisasikan sekitar januari-februari setiap tahunnya, berikut link contoh list beasiswa yang terdapat di website program GSAPS dan FSE,

FSE: http://www.sci.waseda.ac.jp/eng/admissions_mp/scholarships/

GSAPS: http://www.waseda.jp/gsaps/scholarship/financialaid_en.html

Di link tersebut kita bisa menelusuri lebih detail informasi masing-masing beasiswa. Tentu beberapa rekan pelajar ada juga yang menggunakan beasiswa lainnya contoh beasiswa DIKTI dan beasiswa LPDP RI. Jika teman-teman tertarik ke Waseda, dan ingin ngobrol lebih lanjut, bisa menghubungi rekan-rekan PPI Waseda.

Tim PPI Kanto feat PPI Waseda (Doc: PPI Kanto)
Tim PPI Kanto feat PPI Waseda (Doc: PPI Kanto)

Pada kesempatan ngobrol bareng tersebut, PPI Waseda juga bercerita bahwa kegiatan yang rutin ada selama ini lebih mengarah pada kegiatan yang bersifat kekeluargaan seperti penyambutan mahasiswa baru, pelepasan rekan yang akan diwisuda, kegiatan jalan+makan bareng. Target tahun 2014 nanti, sang ketua PPI mengutarakan akan berusaha berpartisipasi dalam acara festival terbesar di kampus Waseda atau disebut Waseda-sai, harapannya dalam kegiatan tersebut, PPI Waseda bisa lebih aktif dalam program pengenalan budaya dan informasi tentang Indonesia di kampus Waseda.

Bagi rekan-rekan yang berminat untuk studi lanjut di Waseda University atau sekedar berjalan-jalan dan ingin tahu lebih banyak tentang PPI Waseda, silahkan bisa berkomunikasi dengan sang ketua PPI Waseda 2013-2014 yaitu:

Saudara Gili (email: gilimandra@yahoo.co.id)

Tim PPI Kanto feat PPI Waseda (Doc: PPI Kanto)
Tim PPI Kanto feat PPI Waseda (Doc: PPI Kanto)

Sekian liputan singkat hasil ngobrol bareng PPI Korda Kanto dengan PPI Komsat Waseda, semoga ada informasi yang bisa bermanfaat atau memotivasi teman-teman untuk studi lanjut khususnya yang berminat di kampus Waseda. Feel free to ask. Untuk Indonesia kita.:)

Salam Semangat dan Salam Hangat dari tim PPI Kanto

Logo PPI Kanto

Leave a Reply