12244571_1637169499866700_5785031984808423796_o

Rapat Kerja PPI Kanto 15/16

Hari ini (28/11), pengurus PPI Kanto 15/16 telah melakukan kopi darat untuk merampungkan gambaran program kerja dan timeline kepengurusan selama satu periode ke depan.

PPI Kanto 15/16 akan menitikberatkan pada lima langkah strategis yang dikemas dalam bungkus yang menarik, atau yang kita sebut dengan “formula 5+1”, yaitu:

1. Melakukan “Konsolidasi Internal” untuk bersinergi dan berkolaborasi baik dengan berbagai rekan-rekan PPI di Komsat maupun dengan organisasi/forum masyarakat Indonesia lainnya di Kanto. Beberapa program yang dapat kita tawarkan adalah menjalin relasi dengan seluruh komsat di PPI Kanto, mengoptimalisasikan media digital dan sosial sebagai sumber informasi dan inspirasi bagi pelajar dan masyarakat Indonesia di Kanto.

2. Memanfaatkan kreativitas dan keilmuan rekan-rekan semua guna menumbuhkan kesadaran bergerak. Budaya berdiskusi secara ilmiah untuk membangun solusi adalah suatu hal yang harus dikembangkan. Rekan-rekan dari bidang Kajian Gerakan Keilmuan akan merumuskan bentuk gerakan intelektual mahasiswa yang menarik, lewat program-program seperti Last Lecture Atdikbud KBRI, Portal Keilmuan, Science Popular Comic dan lainnya.

3. Membangun kepedulian terhadap sesama. PPI Kanto akan senantiasa SIAGA dan SIAP bergerak cepat dalam merespons berbagai isu sosial, baik sekitar Jepang, di tanah air, maupun di belahan dunia lainnya. PPI Kanto kini memiliki Tim Kanto Siaga dan Peduli yang akan membangun sistem tanggap bencana dan awareness terhadap bencana.

4. PPI Kanto juga akan berupaya meningkatkan minat olahraga dan seni rekan-rekan melalui upaya fasilitasi yang baik, baik itu melalui latihan rutin bagi komunitas olahraga dan seni, maupun kegiatan akbar seperti Pesta Rakyat, ASEAN Sports dan ASEAN Cultural Festival yang akan bekerja sama dengan ASEAN youth Network in Japan. Nantikan pula kolaborasi kegiatan ‘Olimpiade’ olahraga yang kerap diadakan oleh PPI Tokodai, PPI Nokodai maupun PPI Komsat lainnya!

5. PPI Kanto akan melakukan segenap upaya untuk menjadi organisasi yang profesional dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia di Prefektur Kanto. Kita akan berupaya menjadi organisasi yang transparan, akuntabel, punya record kegiatan dan notulensi yang baik, yang akan menjadi SOP kita bersama.

6. Dan terakhir, kelima langkah tersebut akan kita bungkus dengan model digital marketing. Dengan digital marketing, kita akan dapat berkontribusi dan bermanfaat dengan jangkauan yang lebih luas. Dan hal itulah yang menjadi bungkusan utama PPI Kanto kita. Nantikan pula app PPI Kanto yang bisa di-download di HP teman-teman semua, yang akan memudahkan kita semua untuk mencari tahu info apa saja yang sedang terjadi di sekitar Kanto dan bahkan Jepang. Kita akan juga mengintegrasikan model “panic button” ala Kang Emil untuk mempersiapkan ketika terjadi bencana besar lagi di Jepang ini!

Kami percaya bahwa perubahan itu tidak perlu dilakukan oleh banyak orang, perubahan dapat digerakkan oleh beberapa orang yang mampu untuk melihat realitas yang ada, masuk ke dalamnya, kemudian memperbaikinya. Kami percaya Indonesia yang lebih baik akan tercipta lewat kontribusi dan gagasan kecil yang kita bawa untuk menjadi aksi nyata!

Salam hangat,
PPI Kanto 15/16
‪#‎InspirasiUntukBangsa‬