Kenal Kampus : University of Tokyo

Sejarah Universitas

The University of Tokyo ( 東京大学Tōkyō Daigaku) disingkat Todai ( 東大Todai )  atau UTokyo , adalah universitas riset yang terletak di Bunkyo ,Tokyo , Jepang. UTokyo didirikan pada tahun 1877 sebagai universitas nasional pertama di Jepang. UTokyo memiliki tiga kampus utama yang berada di Hongō, Komaba, dan Kashiwa. Universitas ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa dengan lingkungan akademik yang kaya dan beragam yang menjamin kesempatan bagi pengembangan intelektual, pengetahuan profesional dan keterampilan.

Pada mulanya, UTokyo dibentuk dari penggabungan university preparatory school (yobimon; Sekolah Tinggi Pertama di Jepang) dengan Tokyo Kaisei School dan Tokyo Medical School yang menciptakan empat Fakultas Hukum, Science, Letter and Medicine. Dari awal, University of Tokyo terus bergabung dengan banyak sekolah yang berbeda yang mengkhususkan diri dalam berbagai bidang, seperti Imperial College of Engineering dan Tokyo School of Agriculture and Forestry, sehingga berkembang menjadi universitas riset yang komprehensif. Universitas juga telah mengalami sejumlah perubahan nama selama bertahun-tahun. Karena penggabungan semua perguruan tinggi nasional pada tahun 2004, nama lengkap Universitas sekarang adalah National University Corporation, Universitas Tokyo.

Campus & Facilities

UTokyo memiliki tiga kampus utama yaitu Hongo, Komaba dan Kashiwa campus yang berlokasi di metropolitan area. Setiap kampus memiliki fasilitas tersendiri dan koneksi yang kuat dengan berbagai institusi dan universitas baik di Jepang maupun world wide. Total keseluruah UTokyo kampus area adalah sekitar 163 hektar.

  1. Hongo Campus

1

2. Komaba Campus

2

3. Kashiwa Campus

3

 

Pada level undergraduate, UTokyo mengadopsi system yang cukup flexible yang terintegrasi collage of Art and Sciences yang terbagi menjadi divisi junior dan senior levels. Semua junior level student belajar di Komaba kampus pada 2 tahun pertama, mereka akan memperolah pengetahuan dasar yang mumpuni terhadap bidang yang mereka akan tekuni digabungkan dengan pengetahuan umum tentang general liberal arts education. Setelahnya mereka akan bergabung ke senior level di Hongo campus, mereka akan melanjutkan studynya dengan lebh spesifik tentang field yang akan mereka tekuni.

Kashiwa kampus merupakan kampus yang baru didirikan di wilayah Chiba prefecture. Memiliki satu graduate school of Frontier Sciences, dan 3 institute reseach (The Institute for Cosmic Ray Reseach; The Institute for Solid State Physics; and The Atmosphere Ocean Research Institute).  Sistem perpustakaan universitas terpusat di General Library, yang terdiri dari 37 perpustakaan affiliasi dari berbagai fakultas, institute dan graduate schools. Memiliki kurang lebh 8.7 juta buku termasuk beberapa diantaranya rare publications, dengan penataan dan administrasi digital scholar information. UTokyo juga memiliki museum yang menampilkan berbagai macam hasil reseach dan penemuan terutama di bidang paleontology dengan total 6.4 million items ad di museum tersebut terbagi dari berbagai macam bidang reseach (http://www.u-tokyo.ac.jp/en/about/museums.html).

  1. Hospital

4

2. Library

5

3. Conference Hall

6

4. Botanical Garden

7

5. Athletic Facilities

8

6. Museum

9

Detail lokasi, gedung, fasilitas, map campus dan alamat campus dapat dilihat dari wesite berikut http://www.u-tokyo.ac.jp/en/whyutokyo/cam_index.html.

 

International Lodges

International Lodge dibangun untuk memberikan akomodasi bagi international students dan visiting reseachers UTokyo untuk membantu mereka beradaptasi dengan budaya Jepang (Cultural awareness). Tersedia 643 kamar untuk researchers dan students asing di international lodges yang tersebar di Shirokanedai, Komaba, Kashiwa dan International Halls of residence di Mitaka dan Toshima.

 

Daftar Fakultas dan Graduate School di UTokyo

Terdapat 10 total fakultas di UTokyo

  1. Faculty of Agriculture 6. Faculty of Law
  2. College of Art and Sciences 7. Faculty of Letters
  3. Faculty of Economics 8. Faculty of Medicine
  4. Faculty of Education 9. Faculty of Pharmaceutical and Sciences
  5. Faculty of Engineering 10. Faculty of Science

Detail untuk setiap fakultas serta department dan major tiap-tiap fakultas dapat di akses melalui link berikut: http://www.u-tokyo.ac.jp/en/academics/faculties.html

Sedangkan untuk Graduate School UTokyo memiliki total 15 graduate school

  1. Graduate School of Agricultural and Life Sciences
  2. Graduate School of Art and Sciences
  3. Graduate School of Economics
  4. Graduate School of Education
  5. Graduate School of Engineering
  6. Graduate School of Frontier and Sciences
  7. Graduate School of Humanities and Sociology
  8. Graduate School of Information Science and Technology
  9. Graduate School of Interdisciplinary Information
  10. Graduate School of Law and Politics
  11. Graduate School of Mathematical Sciences
  12. Graduate School of Pharmaceutical Sciences
  13. Graduate School of Public Policy
  14. Graduate School of Medicine
  15. Graduate School of Science

Detail setiap Graduate Schools, website, contact, dan segala admission information dapat dilihat melalui link berikut http://www.u-tokyo.ac.jp/en/academics/graduate_schools.html.

 

PPI Todai

PPI Todai merupakan organisasi kekeluargaan bagi mahasiswa maupun peneliti yang sedang menempuh study di UTokyo. Saat ini terdapat kurang lebh 60 mahasiswa dan researcher yang sedang menempuh study di UTokyo dari berbagai skema beasiswa.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan PPI Todai pada dasarnya bersifat kekeluargaan, meningkatkan tali silaturahmi antar anggota, sharing pengalaman serta diskusi ilmiah, kegiatan social kemasyarakatan serta kebudayaan seperti mempromosikan budaya Indonesia di Jepang. Adapun kegiatan rutin PPI Todai diantaranya adalah :

  1. Happy party (Hanami, Hanabi, Momiji, Bonenkai)

Kegiatan ini merupakan acara rutin special event di tiap musim (Spring, Summer, Autumn & Winter saat pergantian tahun). Format acara yang sederhana berasaskan kekeluargaan menikmati cemilan ringan sambil bercanda dan berphoto ria adalah agenda utama dari kegiatan ini.

a b c d

2. Indomie Time

Salah satu agenda rutin PPI Todai adalah Indomie Time. Acara yang di design dengan format yang sederhana namun memiliki sesi edukatif di dalamnya. Dilaksanakan setiap Jumat malam jam 19:00 s.d selesai. Biasanya selalu menghadirkan sesi perkenalan research dan pemaparan research dari salah satu anggota PPI Todai tiap minggunya dengan diakhiri oleh makan indomie bersama sebagai menu favorit yang paling dikangenin oleh sebagian besar student disini. Tujuan nya adalah untuk mengenal lebh dekat dengan masing2 anggota PPI Todai dan bisa membangun koneksi kedepannya jika ada kesamaan antara tema reseach ataupun ketertarikan dalam hal lainnya seperti membuat start up atau kolaborasi reseach.

e

3. Beasiswa Haryanto

Salah satu bentuk kepedulian rekan-rekan mahasiswa disini terhadap kondisi Indonesia tercinta. PPI Todai mencanangkan program Beasiswa Haryanto, dengan menyisihkan sebagian uang beasiswa tiap bulannya untuk membantu anak-anak kurang mampu di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan mereka dengan bantuan distribusi oleh alumni PPI Todai di Indonesia

f

4. GoGatsuSai (GGS)

Salah satu event terbesar tiap tahunnya. GGS biasanya dilaksanakan di bulan Mei saat open campus UTokyo. Di acara tersebut PPI Todai akan mempromosikan berbagai macam budaya dan menjual makanan khas Indonesia terhadap khalayak ramai sebagai sumber pemasukan utama kas PPI Todai.

 

g h